Contoh Laporan Praktikum kimia "UJI MAKANAN" materi kelas XI SMA


UJI MAKANAN
TUJUAN
            Mengetahui kandungan zat makanan pada berbagai bahan makanan.
ALAT DAN BAHAN
1.     Tabung reaksi
2.      Rak tabung reaksi
3.      Penjepit tabung
4.      Pipet tetes
5.      Batang pengaduk
6.      Pembakar spirtus
7.      Kertas Buram
8.      Larutan kanji, larutan gula pasir, putih telur, minyak goreng,macam-macam bahan makanan yang sudah dilarutkan dalam air.
9.      Reagen lugol, benedhict, biuret,amilum lodine( dapat dibuat dari 1cc kanji dilarutkan dalam 25cc aquades dan ditambah dua tetes lugol).
CARA KERJA
1.      Uji awal
a.       Uji amilum, masukkan larutan kanji ke dalam tabung reaksi, kemudian tetesi dengan 3 tetes lugol dan dikocok, amati dan catat perubahan warna yang terjadi pada tabel pengamatan.
b.      Uji glukosa, masukkan larutan gula pasir ke dalam tabung reaksi, kemudian tetesi dengan 4-5 tetes benedhict, dipanaskan diatas pembakaran spirtus  itu. Amati dan catat perubahan warna yang terjadi pada tabel pengamatan.
c.       Uji protein, masukkan putih telur yang masih mentah ke dalam tabung reaksi, kemudian tetesi dengan 3-4 tetes biuret dan dikocok, amati dan catat perubahan warna yang terjadi pada tabel pengamatan.
d.      Uji lemak,oleskan minyak goreng ke atas kertas buram keringkan dibawah sinar matahari dan amati dan catat perubahan warna yang terjadi pada tabel pengamatan.
2.      Uji bahan makanan
a.       Masukkan  larutan bahan makanan ke dalam masing-masing tabung ,reaksi yang berbeda.
b.      Tetesi kedua bahan makanan tadi dengan reagen lugol, amatai perubahan warna yang terjadi dan catat pada tabel pengamatan.
c.       Cuci kedua tabung reaksi tersebut.
d.      Ulangi langkah(a), tetesi kedua bahan makanan tadi dengan reagen benedhict, kemudian dipanaskan diatas pembakaran spirtus, amati dan catat perubahan warna pada tabel pengamatan.
e.       Ulangi langkah(a), tetesi kedua bahan makanan tadi dengan reagen biuret, amati dan catat perubahan warna pada tabel pengamatan.






DATA HASIL PENGAMATAN
Tabel 1. Uji awal
NO
BAHAN YANG DI UJI
REAGEN
PERUBAHAN WARNA
1
Kanji
Lugol
Biru kehitaman
2
Gula pasir
Benedhict
Hijau
3
Putih telur
biuret
Ungu

Tabel 2. Uji bahan makanan
NO
BAHAN MAKANAN
REAGEN
LUGOL
BENEDHICT
BIURET
1
Nasi
Biru kehitaman
Ungu
Ungu
2
Putih telur
Tidak berubah warna
Coklat
Ungu


Komentar

Postingan Populer