Contoh Teks Ceramah B.Indonesia "KEWAJIBAN SEORANG PELAJAR"



KEWAJIBAN SEORANG PELAJAR
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin wabihinasta’inu ‘alaumuridunyawaddin wa’alaalihiwasahbihi ajmain,ammaba’adu.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt ,yang telah memberikan nikmat dan karuia-Nya. Karunia itu ialah kesahatan yang baik dan umur yang panjang. Tanpa izin dari Allah Swt tak mungkin kita bisa hadir di tempat ini.
Rahmat dan salam selalu terlimpah curahkan kepada baginda alam kita semua yakni rasululloh SAW. Berikut keluarganya,sahabatnya,para ulama-ulama dan pengikutnya umat islam sekalian. Aamin
Bapak guru yang kami hormati dan rekan-rekan yang kami hormati dan cintai.
Sebelum kami menyampaikan ceramah, kami mengucapkan terima kasih untuk bapak guru dan rekan-rekan yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk berada berdiri di sini.
Kita adalah pelajar, maka kita harus tahu akan status dan kewajiban kita. Status kita adalah pelajar maka kewajiban kita adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Sebenarnya jika ada seorang pelajar menuntut ilmu tidak bersungguh sungguh ,itu bukan karena ia bodoh tetapi ia malas, seperti kata pepatah “ Di dunia ini sebenarnya tiada ada yang bodoh, yang ada adalah pemalas “. Rosululloh pun bersabda “ Dari Anas bin Malik r.a, Rasululloh saw bersabda: “Menuntut ilmu adalah satu fardu yang wajib atas tiap-tiap seorang muslim.” Jadi, bagi kita seorang pelajar, harusnya lebih mementingkan waktu belajar dari pada waktu bermain. Apakah ada yang tau, apa saja kewajiban-kewajiban kita seorang pelajar ?  kewajiban-kewajiban kita sebagai pelajar adalah :
1.        Kewajiban belajar
Belajar merupakan tugas utama seorang pelajar. Kita diwajibkan belajar dengan baik didalam maupun di luar sekolah. Tanpa belajar kita tidak akan bisa apa-apa. Sebagai seorang pelajar harus menanamkan rasa tanggung jawab pada diri masing-masing. Tanggung jawab seorang pelajar adalah belajar dengan baik ,mengerjakan tugas sekolah yang sudah diberikan oleh guru kepada kita. Artinya setiap pelajar wajib dan mutlak melaksanakan tanggung jawab tersebut tanpa terkecuali. Tapi kenyataannya banyak pelajar yang merasa terbebani dengan kewajibannya tersebut sebagai pelajar.
2.        Kewajiban menjaga nama baik sekolah
Tentunya kita sudah tau ,kewajiban kita seorang pelajar harus menjaga nama baik sekolah didalam maupun di luar sekolah. Sebagai contoh , kita berprestasi di bidang kesenian , ikut lomba diluar sekolah dan mendapatkan  kejuaraan. Itu hal yang sangat membanggakan bagi kita, bisa menjaga nama baik dan mengharumkan nama sekolah kita di luar.
3.        Kewajiban taat tata tertib
Aturan aturan yang mengarahkan siswa bertingkah laku disekolah merupakan tata tertib yang wajib di taati oleh seluruh siswa. Dengan tata tertib diupayakan siswa  memiliki kedisiplinan sehingga mampu menunjang kehidupan bermasyarakat.
4.      Kewajiban kerja sama
Kewajiban kerja sama antara sekolah dengan pihak masyarakat. Dalam hal ini wali murid wajib dilaksanakan untuk mendukung seluruh kegiatan sekolah. Kerja sama yang terjalin dengan baik akan mampu memecahkan setiap permasalahan yang ada.
Bapak guru yang kami hormati dan rekan-rekan yang kami horamti dan cintai.
            Adapun juga kewajiban-kewajiban kita seorang pelajar saat berada di sekolah;
1)             Menghormati guru
2)             Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah.
3)             Selalu mengerjakan tugas sekolah.
4)             Mengikuti seluruh kegiatan sekolah yang sesuia dengan ketentuan yang berlaku.
5)             Mewujudkan dan memelihara ketertiban,keamanan,keindahan dan kekeluargaan.
6)             Dan lain-lain.
Bapak guru dan rekan rekan yang kami hormati,
Kita sebagai seorang pelajar jangan suka menyianyiakan waktu belajar sebagai waktu bermain kita seperti smsan, menonton Tv jalan-jalan dan lain-lain. Padahal belajar adalah kewajiban seorang pelajar. Oleh karena itu gunakanlah waktu luang untuk belajar sehingga akan membuahkan hasil kelak nanti, menjadi seorang pelajar yang teladan dan pandai.
            Cukup sekian yang dapat kami sampaikan , mohon maaf bila ada kesalahan dari pengucapan kata atau kesalah nama. Semoga bisa bermanfaat umumnya bagi kita semua khusunya bagi kami.

Billahitaufik walhidayah, Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh.


Komentar

Postingan Populer